Virtual Account

Apa itu Virtual Account (Transfer Bank)?

Merupakan akun rekening virtual atau rekening bank tidak nyata dalam bentuk nomor ID yang dapat digunakan untuk melakukan proses pembayaran. Pada umumnya Virtual Account akan dibuat oleh bank sesuai dengan permintaan dari perusahaan atau dibuat secara otomatis oleh sistem yang sudah terintegrasi dengan Bank / Payment Gateway.

Virtual Account (VA) memudahkan Anda untuk dapat menerima pembayaran melalui transfer dari beberapa bank tanpa harus membuka rekening di masing-masing bank. Metode pembayaran ini penting untuk dimiliki karena hampir 80% transaksi pembayaran yang terjadi di Indonesia adalah melalui transfer bank. Dengan Virtual Account, Anda akan mendapatkan notifikasi ketika pelanggan Anda telah melakukan pembayaran tanpa harus mengeceknya secara manual.

ID Virtual Account

Secara umum, virtual account terdiri dari 16 digit angka yang berisikan :
– BIN Bank (4 atau 5 Digit Pertama)
– Identifier PG (3 Digit Berikutnya)
– Identifier Merchant (3 Digit Berikutnya)
– Transaction Number (5 atau 6 Digit sisanya)

Pembayaran Virtual Account

Setiap merchant yang menggunakan layanan pembayaran Virtual Account akan dikenakan biaya transaksi hanya untuk setiap transaksi yang berhasil. Terdapat 2 metode pembayaran yang dapat digunakan oleh merchant untuk metode Virtual Account, yaitu :

Open Amount

Cara pembayaran open amount memungkinkan pelanggan dari merchant untuk memasukkan nominal yang akan dibayarkan (tidak harus sesuai tagihan).

Closed Amount

Cara pembayaran closed amount membuat pelanggan tidak dapat memasukkan nominal sendiri, nominal yang harus dibayarkan langsung ditampilkan pada saat proses inquiry tagihan.

Kemudian akan tampil nomor Identifikasi. Nomor ini akan digunakan sebagai ID pembayaran di meja kasir (khusus pembayaran merchant offline).

Daftar Bank yang tersedia di Prismalink

Nama Bank

Model yang digunakan

BCA

Direct

Mandiri

Direct dan Aggregator

BRI

Direct dan Aggregator

BNI

Direct dan Aggregator

Permata Bank

Direct dan Aggregator

Maybank

Direct dan Aggregator

Danamon

Direct dan Aggregator

CIMB Niaga

Aggregator

OCBC

Aggregator

CIMB Syariah

Aggregator

Permata Syariah

Direct dan Aggregator

Penjelasan singkat tentang Model yang digunakan

Untuk menggunakan layanan Virtual Account, terdapat 2 tipe virtual account yang dapat digunakan oleh merchant, yaitu direct settlement atau aggregator.

Direct Settlement

Dengan menggunakan metode direct settlement, sistem dari merchant akan dihubungkan secara langsung dengan sistem Bank. Dengan metode ini, setiap dana yang dibayarkan oleh pelanggan dari merchant akan langsung masuk ke rekening merchant dalam waktu H+0.

Namun, untuk menggunakan layanan direct settlement ini merchant perlu mengisi form pengajuan yang akan diproses oleh bank ± 14 hari kerja. Satu-satunya VA yang diwajibkan oleh bank untuk menggunakan metode direct settlement ini adalah VA Bank BCA. Sementara untuk VA lain dapat diaktifkan oleh PrismaLink melalui metode aggregator.

Kelebihan :

  • Dana masuk ke rekening merchant pada H+0

Kekurangan :

  • Merchant perlu melakukan proses rekonsiliasi data.

  • Mutasi bank akan sangat banyak.

Aggregator

Dengan menggunakan metode aggregator setiap pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan dari merchant akan masuk dan ditampung di rekening PrismaLink. Di hari berikutnya, tim operation dari PrismaLink akan melakukan proses rekonsiliasi data untuk memastikan bahwa data transaksi pada portal sudah sesuai dengan data pada rekening koran. Setelah data sudah cocok, maka dana akan dilimpahkan kepada merchant.

Metode aggregator dapat diaktifkan dengan cepat oleh tim integrator PrismaLink tanpa perlu melakukan proses pengajuan kepada Bank. Proses aktivasi layanan aggregator lebih cepat dibandingkan dengan layanan direct settlement.

Kelebihan :

  • Proses rekonsiliasi data sudah dilakukan oleh tim PrismaLink

  • Proses aktifasi layanan cepat

Kekurangan :

  • Proses pelimpahan dana dilakukan dalam kurun waktu H+1 sampai dengan H+3 (hari kerja)

  • Dana masuk secara bulk.

Kenapa Memilih Virtual Account Prismalink?

Dengan menggunakan Prismalink Virtual Account, berikut adalah keuntungan utama yang akan Anda dapatkan:



Notifikasi Real Time

Proses verifikasi pembayaran menjadi semakin mudah melalui notifikasi pembayaran real time.



Kemudahan Proses Rekonsiliasi

Rekonsiliasi data menjadi semakin mudah dengan mendownload history transaksi.



Pembayaran Tepat Waktu

Bantu pelanggan dengan mengingatkan waktu pembayaran, waktu jatuh tempo melalui email atau SMS. Anda juga dapat menetapkan biaya keterlambatan pembayaran.



Prismalink Support

Customer Support 24 jam yang siap membantu Anda kapan saja.



Bagaimana Alur Pembayaran dalam Pembayaran Virtual Account?

Secara keseluruhan, berikut adalah alur pembayaran menggunakan Virtual Account:



1. Anda memberikan opsi pembayaran Virtual Account pada pembayaran bisnis Anda.

2. Pelanggan Anda dapat memilih opsi pembayaran Virtual Account dan memilih bank yang

diinginkan.

  1. Nomor Virtual Account akan dibuat dan pelanggan Anda dapat melakukan pembayaran melalui transfer bank ke nomor Virtual Account tersebut.

4. Anda akan mendapatkan notifikasi jika pembayaran telah berhasil dilakukan.



Untuk melakukan pembayaran dengan Virtual Account, pelanggan Anda dapat menggunakan alat pembayaran berikut:

  1. ATM

  2. Aplikasi Perbankan Seluler

  3. Bank internet

  4. Teller (Tidak berlaku untuk beberapa bank)

Mulai Menerima Pembayaran Akun Virtual

Untuk dapat menerima pembayaran dengan Virtual Account, Anda dapat menentukan model integrasi yang Anda butuhkan :

Virtual Account